Praktikum II Pemrograman Web dengan PHP

Berkenalan dengan PHP

Pada mulanya PHP hanya digunakan untuk membuat website pribadi, namun sekarang PHP sudah menjadi bahasa pemrograman web yang powerfull dan tidak hanya digunakan membuat sebuah halaman website sederhana tetapi juga website yang populer. 

Seiring kebutuhan dan perkembangan dari awalnya hanya bekerja di lingkungan Linux dan Unix PHP dibuat menjadi cross platform. PHP merupakan bahasan pemrograman server-side yang didesain untuk pengembangan web, selain itu PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum, dikembangkan tahun 1995 oleh Rasmus Ledorf. Disebut sebagai bahasa pemrograman server-side karena PHP diproses pada komputer server.

PHP diawali dengan tag <?php dan diakhiri dengan ?>.Mari kita coba membuat syntax PHP tetapi sebelumnya pastikan kita sudah membuka XAMPP dan mengklik tombol start. Supaya dapat lebih paham dengan bahasa pemrograman PHP kita langsung saja pada latihan-latihan berikut:

1. Pemakaian Variabel
Setelah syntax dibuat. Selanjutnya, simpan dengan ekstensi .php lalu simpan file tersebut di C:\xampp\htdocs. Lalu, buka di browser maka akan tampil sebagai berikut:
Syntax program diatas merupakan salah satu contoh sederhana dari PHP ini, dimana variabel disana adalah tanada $nama yang bersifat casesensitif, kemudian fungsi echo adalah untuk menampilkan dan fungsi dari tanda petik "" adalah seksekusi variabel tersebut dan tanda \ adalah sebuah escape karakter pemisah. dan hasil dari skripnya seperti pada gambar diatas dimana $nama dipanggil akan berubah menjadi Lutfi Ganteng.

2. Syntax if-else
Seperti halnya tadi filenya disave dangan ekstensi .php dan disimpan di htdocs. Selanjutnya dibuka di browser:
Program ini adalah implementasi dari if dan else, dimana aturannya adalah jika variabel $a = $b maka "$a sama dengan $b" , kemudian $a > $b maka "$a Lebih Besar dari $b" dan $a < $b maka "$a lebih kecil dari $b" . Sedangkan saya inputkan a nilainya 3 dan b nilainya 7 sehingga akan muncul bahwa 3 lebih kecil dari pada 7.

3. Array
setelah dibuka di browser hasilnya sebagai berikut:
Program ini implementasi dari array, dimana kita deklarasikan dulu arraynya yaitu pertama Tasikmalaya, Ciamis dan Garut. Selanjutnya array dipanggil sehingga akan menampilkan array tadi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum III Pemrograman WEB Bekerja dengan Framework Laravel

Menggunakan Template Adminlte pada Laravel

Mengenal Dasar Controller, View dan Blade pada Laravel